Menengok Indahnya Batik Karya Pengrajin Batik Di RT 02/01 Desa Gedongsari

Redaksi 09 Januari 2018 16:08:46 WIB

Gedongsari – Ada yang menarik di sebuah rumah Desa Gedongsari. Sebuah galeri batik yang memajang beberapa kain hasil karya Ibu Jaim yang beralamat di RT 02 RW 01 Desa Gedongsari. Seluruh batik yang ada di situ adalah batik tulis yang harganya mulai dari 200 ribu ke atas.

Mulai menekuni batik

Ibu Jaim mulai menekuni batik sejak tahun sejak tahun 2015, beliau mendapatkan keahlian membatik dari turun temurun karena beliau lahir dan besar di Lasem Kabupaten Rembang, setelah menikah dengan Bapak Juned Ibu Jaim tinggal di Gedongsari. Batik karya Ibu Jaim sendiri mempunyai motif yang unik perpaduan antara Lasem dengan Blora, jenis batik yang dibuat yaitu sekar jagad yang bermotif tumbuhan, kupu-kupu, burung merak dll.

Dipasarkan ke luar daerah

Ketika tim contributor SID Gedongsari masuk kedalam rumah beliau, terlihat Ibu Jaim sedang mencanting di bantu seorang asisten. “Harga batik di jual 190 ribu sampai 250 ribu, harga lebih mahal karena ini batik tulis, batik tulis lebih baik dari pada batik cetak karena dengan tehnik tulis lebih terlihat alami, sedangkan proses pembuatan dari pencantingan sampai pewarnaan memakan waktu sampai 6 hari” tutur beliau.

Harapan Ibu Jaim

“Harapannya ada perhatian dari pemerintah agar pengrajin batik mendapat bantuan material dan akses untuk menjual ke luar daerah, dan harapan kepada generasi muda agar mau belajar membatik karena batik adalah budaya yang harus di lestarikan” tutur Ibu Jaim.

Pemerintah Desa Gedongsari tentunya akan membantu mengembangkan serta memajukan usaha mikro masyarakat karena peningkatan ekonomi masyarakat yang mandiri adalah cita-cita Pemdes Gedongsari. (Imam Bayhaki)

Dokumen Lampiran : Menengok Indahnya Batik Karya Perajin Batik Di RT 02 RW 01 Desa Gedongsari


Komentar atas Menengok Indahnya Batik Karya Pengrajin Batik Di RT 02/01 Desa Gedongsari

idam 12 Januari 2018 19:01:31 WIB
Rt 4 iweh paleng jos
M. Ricky Prasetyo 11 Januari 2018 16:36:20 WIB
batike ra kalah karo kota liyane, jossss pkokk e...
agus faizin 11 Januari 2018 16:06:44 WIB
Rt02Rw01 emang josss..

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Gedongsari FM

Lokasi Gedongsari

tampilkan dalam peta lebih besar