Kades Dan Operator Siskeudes Ikuti Rakor Penyusunan APBDES 2018

Redaksi 17 Januari 2018 12:22:00 WIB

Bandungan – Sebanyak 62 abdi desa terdiri dari Kepala Desa dan operator Siskeudes dari Kecamatan Banjarejo dan Jiken mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penyusunan dan pengelolaan APBDes 2018. Rakor dilaksanakan  PMD Blora di hotel nugraha wisata 12 – 14 Januari 2018.

“Materi Bimtek Cukup beragam. Mulai dari penyusunan perancanaan infrastruktur desa, Penyusunan APBDes hingga evaluasi dan monitoring APBDes. Materi disampaikan narasumber dari PMD Tumai Suharno, SIP.” Jelas Operator Siskeudes Gedongsari Arif Zainudin.

Kabid Pengembangan Desa Tumei Suharno,SIP dari PMD menyampaikan Juklak dan juknis penggunaan APBDes . “Sumber APBDes terdiri dari PAD berupa hasil usaha desa dan pungutan desa, kemasyarakatan dan pemberdayaan. Meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa, meningkatkan pelayanan. Serta mengurangi angka kemiskinan di desa. Serta menggali potensi SDM dan SDA.

“Belanja desa terdiri dari belanja penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa, pembinaan masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan belanja tidak terduga. Program desa harus dirumuskan melalui tahap perancanaan Musdes-RPJMDes-PKPDes-APBDes. Serta pelaksanaannya melalui tim PTPKD penyusunan kegiatan berdasarkan RPJMDes, PKPDes,  APBDes, tambahnya.

Komentar atas Kades Dan Operator Siskeudes Ikuti Rakor Penyusunan APBDES 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Gedongsari FM

Lokasi Gedongsari

tampilkan dalam peta lebih besar