Jangan Anggap Sepele, Ini Manfaat Akte Kematian

Redaksi 27 Januari 2018 10:36:00 WIB

gedongsari.blorakab.go.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah Kabupaten Blora mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan anggota keluarganya yang meninggal kesupaya bisa diterbitkan akta kematian.

“Akta kematian itu banyak manfaatnya baik oleh anggota keluarga maupun untuk pemerintah daerah. Jadi kalau ada anggota keluarga yang meninggal segera lapor ke Disdukcapil,” kata Kepala Disdukcapil Pemkab Blora, Riyanto S.Sos, M.Si.

Riyanto S.Sos, M.Si. mengatakan, akta kematian ini juga menjadi persyaratan penting dalam kepengurusan dokumen terkait persoalan ahli waris. Selain untuk kepengurusan uang duka, tunjangan kecelakaan, asuransi, dan kegunaan administrasi lainnya. Adapun cara mengurus akte kematian bisa klik disini .

“Akta kematian ini juga berguna bagi janda atau duda, khususnya yang berstatus PNS, diperlukan untuk mengurus pensiun bagi ahli warisnya,” kata Bapak Riyanto.

Sedangkan bagi pemerintah, akta kematin itu penting sebagai data statistik dan untuk memantau penyebab kematian, angka harapan hidup, serta penetapan kebijakan pembangunan lainnya.

Mengingat pentingnya manfaat akta kematian tersebut, Disdukcapil mengimbau masyarakat untuk segera mengurus akta kematian keluarganya.

Jangka waktu pendaftaran paling lambat 60 (enam puluh) hari kerja sejak meninggal dunia, kecuali bagi Warga Negara Asing (WNA), jangka waktu paling lambat ialah 10 (sepuluh) hari kerja,” kata Bapak Riyanto.

 

Komentar atas Jangan Anggap Sepele, Ini Manfaat Akte Kematian

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Gedongsari FM

Lokasi Gedongsari

tampilkan dalam peta lebih besar