Sedekah Bumi Dusun Badong Berjalan Meriah

Redaksi 17 Maret 2018 11:34:21 WIB

Badong – Rabu (14/3) warga Dusun Badong Desa Gedongsari memakai busana terbaiknya. Mereka juga menyiapkan jamuan makan di rumah masing-masing. Pintu rumah mereka terbuka bagi siapa saja untuk menikmati jamuan tersebut. Tak hanya keluarga, tapi juga tetangga dan teman dari kampung lain.

Tradisi itu disebut sedekah bumi dan sudah berlangsung sejak lama secara turun-temurun. Kemeriahannya bahkan melebihi perayaan Idul Fitri.

Sarno (54) warga Dusun Badong mengatakan momen sedekah bumi ini menjadi kesempatan untuk reuni dan menjalin silaturahmi dengan kerabat dan teman di luar kampung. Dikatakannya, mayoritas warga Dusun Badong memang berprofesi sebagai petani. Lahan pertanian juga cukup besar, sehingga warga cukup senang bisa memberikan hasil pertanian untuk sedekah bumi.

Hiburan barongan menjadi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Dusun Badong terutama anak-anak. Acara inti pada sedekah bumi yaitu tasyakuran yang dihadiri Kepala Desa Gedongsari Hj Sri Lastuti, tokoh agama KH Muslih, Gus Khairul Anam, KH Abdul Latif dan segenap warga Dusun Badong. Pada kesempatan itu Kades menyampaikan agar masyarakat Dusun Badong senantiasa menjaga semangat gotong royong karena dengan semangat gotong royong adalah kunci keberhasilan dalam membangun desa.

Komentar atas Sedekah Bumi Dusun Badong Berjalan Meriah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Gedongsari FM

Lokasi Gedongsari

tampilkan dalam peta lebih besar