Pembentukan BUMDes "Sari Makmur" Gedongsari

Redaksi 05 September 2018 22:33:07 WIB

Gedongsari - Rabu (6/8/18) bertempat di Balai Desa Gedongsari diadakan musdes pembentukan BUMDes Gedongsari. Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa memberikan kesempatan yang luas bagi Desa untuk Membangun. Sebelum peraturan ini diterbitkan desa seolah dijadikan sebagai objek pembangunan, sehingga semua program pemerintah masuk ke desa dan saling tumpang tindih serta tidak sesuai dengan kebutuhan desa. UU Desa ini memberikan angin segar bagi masyarakat desa untuk membangun sendiri desanya sesuai dengan kebutuhan.

Dalam musyawarah desa ini dihadiri oleh seluruh stakeholder desa yaitu beliau Kepala Desa Hj Sri Lastuti Ibu Nurul sebagai pendamping desa Kecamatan Banjarejo, Babinsa Agus Andrianto, dari Babin Kamtibnas Bapak Jarwanto, serta tokoh agama dan pemuda.

Sebelumnya dalam sambutannya Moderator Arif Zainudin memberikan gambaran secara umum bahwa banyak potensi yang ada di Desa Gedongsari. Ditemui di sela-sela musdes beliau menyampaikan “semoga nanti dengan terbentuknya BUMDes bisa menghasilkan Potensi-potensi yang jauh lebih baik, bisa menambah penghasilan masyarakat, menambah dana PAD , dan dalam pembentukan BUMDes ini semua Ketua RT sangat mendukung.

Kemudian dalam paparan yang disampaikan oleh Kades Gedongsari, beliau menerangkan bahwa BUMDes merupakan amanat dari UU Desa sehingga setiap desa dapat membentuk itu. Tujuan dibentuknya BUMDes diantara lain untuk meningkatkan perekonomian desa serta membuka lapangan pekerjaan sehingga diharapkan masyarakat desa tidak perlu pergi ke luar kota untuk bekerja. Namun pembentukan BUMDes tidak bermaksud untuk mematikan usaha ekonomi masyarakat yang sudah ada melainkan mendukung usaha yang sudah ada.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat bergerak dalam bidang bisnis sosial, penyewaan, perantara, perdagangan, bisnis keuangan serta usaha bersama. Kades juga menambahkan bahwa terdapat 6 prinsip dasar pengelolaan BUMDes yaitu kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparan, akuntabel dan suistainable atau berkelanjutan.

Kemudian pada kesempatan berikutnya Ibu Nurul sebagai pendamping desa Kecamatan Banjarejo  menyampaikan secara langsung inti dari musyawarah ini bahwa keberadaan BUMDes merupakan salah satu cara untuk menyejahterakan warga.

Menurut beliau sebenarnya kebutuhan dasar dari masyarakat dapat dirangkum dalam 3-W yaitu Waras, Wasis, dan Wareg. Waras atau Sehat merupakan fokus terpenting dari seluruh pihak kesehatan baik dari Posyandu, PKK, Bidan Desa, Puskesmas hingga Dinas Kesehatan karena dengan sehat masyarakat dapat beraktifitas. Wasis atau Pandai juga merupakan hal yang menjadi prioritas dari seluruh stakeholder yang berkecimpung di bidang pendidikan namun W yang ketiga atau Wareg belum ada pihak yang berkonsentrasi secara khusus. Wareg tidak hanya berkonotasi secara terbatas dengan dicukupinya urusan perut masyarakat melainkan kata tersebut secara luas menyasar pada ekonomi warga. Ekonomi warga akan berkembang jika diwadahi dalam satu badan yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Siang itu  dibentuk Pengurus BUMDes Gedongsari dengan ketua Misbah Ari Pamungkas, Sekertaris Saiful Amri, dan bendahara Nurul Fajri. Diharapkan dengan dibentuknya pengurus BUMDes Sari Makmur bisa mewujudkan tujuan utama BUMDes diantaranya :

  1. Meningkatkan perekonomian Desa;
  2. Mengoptimalkan aset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa;
  3. Meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomiDesa;
  4. Mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga;
  5. Menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga;
  6. Membuka lapangan kerja;
  7. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa; dan
  8. Meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan Pendapatan Asli Desa
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Gedongsari FM

Lokasi Gedongsari

tampilkan dalam peta lebih besar