Kades Ikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019

Redaksi 01 Oktober 2018 03:07:31 WIB

Klopoduwur - Puluhan kepala desa, tokoh masyarakat, kader partai politik mengikuti sosialisasi pengawasan pada pemilihan umum DPR, DPD, DPRD, dan Pilpres 2019, yang diselenggarakan Panwas Pemilu Kabupaten Blora di Resto Bamboe Sanjaya Jalan Blora-Randublatung Sabtu (29/09).

Anggota Panwas Pemilu Kabupaten Blora, Bapak Lulus, mengatakan, Pemilu Legislatif (Pileg) akan dilaksanakan secara bersamaan dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada 17 April 2019. Mengingat pilpres dilaksanakan bersamaan dengan pileg, maka yang berhak mencalonkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2019 adalah partai politik (parpol) yang mempunyai kursi di DPR RI hasil Pemilu 2014.

Dalam proses pengawasan ini, Panwas Pemilu sangat membutuhkan kepedulian dari masyarakat untuk ikut berpartisipasi mengawasi Pemilu 2019. Tujuannya, agar Pemilu 2019 benarbenar berjalan secara langsung, umum, bebas, dan rahasia (luber), serta jujur dan adil (jurdil). Peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan, karena jumlah personel Panwas Pemilu sangat sedikit.

Menurut Bapak Lulus, kegiatan saat pengawasan dapat berupa mengamati, mengkaji, memeriksa, dan menilai. Hal yang diawasi yaitu proses penyelenggaraan pemilu. Pengawasan untuk memastikan bahwa proses penyelenggaraan pemilu tersebut benar-benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sehingga pemilu berlangsung secara luber dan jurdil. Strategi pengawasan melalui upaya pencegahan dan penindakan.

Ditemui Oleh Tim SID, Kepala Desa Gedongsari mengatakan pihaknya akan melaksanakan arahan dari Bawaslu tentang masa kampanye, alat kampanye dan bahan kampanye sesuai perturan perundang-undangan serta akan mensosialisasikan kembali kepada masyarakat perihal pengawasan pemilu.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Gedongsari

tampilkan dalam peta lebih besar