Pelatihan BPD Gedongsari dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Lembaga Desa

Redaksi 19 Oktober 2018 10:53:13 WIB

Balai Desa Gedongsari - Badan Permusyawaratan Desa memiliki peran penting mengakomodasi aspirasi langsung masyarakat. Karenanya, Pemerintah Desa Gedongsari terus memberi pembinaaan dan pembekalan berkelanjutan kepada BPD.

Pada Jum’at (19/10) telah diadakan acara pembinaan BPD, bertempat di Balai Desa Gedongsari. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Gedongsari Hj Sri Lastuti, Kabag Pemerintahan Desa Satda Kabupaten Blora Drs. Rianto Warsito, M.SI dan Anggota BPD Gedongsari, serta tokoh masyarakat.

Drs. Rianto Warsito, M.SI menyampaikan tentang hak dan kewajiban serta kewenangan BPD. BPD mengawasi dan meminta keterangan tentang penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD menyatakan pendapat atas penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa. BPD juga mendapatkan biaya operasional pelaksanaan tugas dan fungsinya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. BPD berhak mengajukan usul rancangan peraturan desa, mengajukan pertanyaan, menyampaikan usul serta pendapat, memilih dan dipilih, dan mendapatkan tunjangan APBDes. BPD berkewajiban untuk memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta mempertahankan dan memelihara keutuhan NKRI dan Bhinneka Tinggal Ika. Anggota BPD berkewajiban untuk melaksanakan kehidupan demokrasi, yang berkeadilan gender dalam penyelenggaraan pemerintah desa. BPD diharapkan bisa menyerap, menampung, menghimpun dan menindak lanjuti aspirasi masyarakat desa.

Kades Gedongsari Hj Sri Lastuti turut menyampaikan “Keberadaan BPD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan bersama pemerintah desa, bisa jadi wadah efektif fasilitasi aspirasi masyarakat. Sehingga, dalam proses pembangunan desa, masyarakat dapat berpartisipasi baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi”.

Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

Komentar atas Pelatihan BPD Gedongsari dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Lembaga Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Gedongsari FM

Lokasi Gedongsari

tampilkan dalam peta lebih besar