Pembentukan Pengurus Baru Karang Taruna Desa Gedongsari

Redaksi 22 Oktober 2018 11:13:35 WIB

Gedongsari – Di era desentralisasi sekarang ini pemuda tidak lagi hanya dalam posisi berpangku tangan atau menunggu inisiasi dari pemerintah untuk bersama-sama berperan mengisi pembangunan desa. Pemuda harus menginisiasi dan mendorong konsep pembangunan desa. Pemuda yang mampu membaca tanda-tanda zamannya, seyogyanya telah berada pada pilihan penguatan kelembagaan lokal, guna mendorong kesadaran semua elemen masyarakat untuk terlibat aktif mendorong pembangunan di desa.

Minggu (21/10), Tim formatur pembentukan pengurus karangtaruna Desa Gedongsari mengundang perwakilan pemuda dari masing-masing wilayah RT. Maksud dan tujuan diundangnya pemuda di kantor balaidesa adalah  untuk membahas mengenai penyusunan pengurus karangtaruna masa bakti 2018-2021.

Kepala Desa Gedongsari Hj Sri Lastuti dalam sambutannya menjelaskan, bahwa banyak masyarakat yang beranggapan bahwa Karang Taruna hanya beranggotakan kalangan “pemuda” yang menurut mereka berusia 13-30 tahun dan belum menikah. Padahal menurut pasal 12 angka 1 PERMENSOS NO.23/2013 mengatakan “Keanggotaan Karang Taruna menganut system sketsel pasif yang berarti seluruh anggota masyarakat yang berusia 13 (tiga belas) tahun sampai dengan 45 (empat puluh lima) tahun dalam lingkungan desa atau kelurahan atau nama lain yang sejenis merupakan warga karang taruna”.

Peserta mengikuti musyawarah dengan santai dengan suasana yang hidup, pada sesi lain-lain Mantan ketua karang taruna Agus Raharjono mengapresiasi adanya semangat pemuda yang mau perduli dengan desa, yaitu membentuk kepengurusan yang baru. Sementara itu penasehat karang taruna Bambang  Supriyanta menambahkan “bahwa dengan terbentuknya kepengurusan karang taruna yang baru diharapkan dapat menambah power untuk kemajuan desa, apalagi dana desa bisa digunakan untuk kegiatan pemberdayaan.

Sebagai hasil dari pertemuan telah disepakati pengurus karang taruna Desa Gedongsari dengan Ketua Taufiq Almakmun, Wakil Ketua Rifqi Burhan, Bendahara Sutarjo. Diharapkan dengan kepengurusan baru harus memberikan kontribusi nyata, semoga bukan sekedar kumpul dan berorganisasi melainkan dapat menjadi sarana untuk merangkul para pemuda yang berada di Desa Gedongsari, untuk peduli dan aktif bersama membangun desa. "Pemuda harus menyadari bahwa, harapan dan cita-cita kemerdekaan ada di puncak para pemuda. Semoga dengan bangkitnya karang taruna di Desa Gedongsari menjadi awal kebangkitan pemuda di Gedongsari.

Komentar atas Pembentukan Pengurus Baru Karang Taruna Desa Gedongsari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Gedongsari FM

Lokasi Gedongsari

tampilkan dalam peta lebih besar