Kinerja Belum Maksimal, KPMD Diminta Kerja Cepat

Redaksi 04 November 2017 10:02:04 WIB

Gedongsari – Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) diminta bekerja cepat dan optimalisasinya harus dirapatkan dengan baik.

Istilah Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) selama ini akrab dikenal di lingkungan PNPM Mandiri. Namun setelah program perguliran dan pemberdayaan itu dihapus sejak era Presiden Joko Widodo, KPMD masih bertahan dengan tugas dan wewenang yang berbeda menyesuaikan dengan pedoman UU Desa Nomor 6 tahun 2014.

Adapun peranan atau fungsi KPMD yaitu sebagai mitra pemerintah desa mendampingi kepala Desa dalam pengorganisasian pembangunan desa (Permendes No.3/2015 pasal 19), sebagai penggerak partisipasi swadaya dan gotong royong masyarakat serta sebagai pelopor yang merintis atau mempelopori gagasan-gagasan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Harapannya KPMD bisa bekerja maksimal menurut tugas pokok dan fungsi KPMD, karena sampai saat ini apa yang dikerjakan KPMD belum terlihat nyata juga belum bisa mandiri”, tutur Kades Hj Sri lastuti.

“sementara ini masih mengikuti rapat-rapat ”, imbuh Muhaji salah seorang anggota KPMD.

KPMD Gedongsari diketuai oleh Suyono beranggotakan 5 orang yang terdiri dari 3 warga dusun badong dan 2 warga dusun kenduruan.

Komentar atas Kinerja Belum Maksimal, KPMD Diminta Kerja Cepat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Gedongsari FM

Lokasi Gedongsari

tampilkan dalam peta lebih besar