Musim Tanam Padi Desa Gedongsari Telah Tiba

Redaksi 12 Desember 2017 07:34:26 WIB

Gedongsari – Musim Kemarau tahun ini telah berakhir dengan ditandainya intensitas hujan yang sering, dengan demikian musim hujanpun tiba, aktivitas petani yang sempat vakum karena musim kemarau akhirnya berakhir. Dipermulaan musim hujan akhir tahun 2017 ini para petani di Desa Gedongsari sudah mulai terlihat sibuk. Terdengar suara bising mesin bajak yang terlihat mondar madir disawah-sawah milik warga.

Melihat aktivitas yang dilakukan petani di beberapa tempat dapat dipastikan bahwa petani akan menanam padi pada permulaan musim hujan kali ini. Sunyito salah seorang petani yang saya jumpai mengatakan, kebiasaan pada awal musim hujan petani di tempat kami rata-rata menanam padi kerena menanam padi di awal akan memberikan penyegaran pada tanah.

“rata-rata petani diawal musim hujan menanam padi”ujar Nyito petani yang juga bekerja sebagai buruh bangunan ini tadi pagi.

Setahun terakhir iklim di Indonesia terjadi pergeseran jangka waktu pola cuaca, seperti musim kemarau tahun ini yang begitu panjang sehingga menyebabkan petani vakum untuk sementara menunggu hujan turun. Sama-sama kita ketahui isu pemanasan global itu memang ada dan menjadi salah satu penyebab musim sewaktu-waktu dapat berubah drastis yang otomatis menggeser juga pola kebiasaan waktu tanam petani.

Sedangkan untuk Desa Gedongsari bisa dipastikan petani sudah terjun kesawah-sawah mereka dan pertama sekali yang dilakukan membajak sawah, dengan menyewa bajak sawah dari para penyedia jasa sewa traktor. Penyedia jasa Bajak sawah banyak menggunakan bajak mesin atau yang biasa di sebut Traktor.

Padi merupakan tanaman jenis palawija yang begitu mendominasi ruang waktu tanam petani baik di Desa Gedongsari khusunya dan Indonesia pada umumnya karena hampir sebagian besar masyarakat Indonesia bergantung pada nasi namun Indonesia malah terkenal sebagai inportir beras di kawasan asia padahal seharusnya Indonesia bisa menjadi exportir beras yang sudah di lakukannya pada era Orde baru. (Arza)

Komentar atas Musim Tanam Padi Desa Gedongsari Telah Tiba

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Gedongsari FM

Lokasi Gedongsari

tampilkan dalam peta lebih besar