Jamban Sehat Datang, Warga Tidak Lagi Cemari Lingkungan

Redaksi 20 Desember 2017 12:01:14 WIB

Gedongsari - Bertahun-tahun sebagian warga Desa Gedongsari Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora masih memanfaatkan fasilitas jamban dengan sistem jamban cemplung atau terbuka dibelakang rumah dan sebagian masih memanfaatkan aliran kali sebagai lokasi buang air besar.

Kepala Desa Gedongsari Hj Sri Lastuti tidak menampik bahwa pola buang air besar sembarangan masih terjadi di wilayah. Namun beruntung wilayah tersebut mulai mendapat bantuan jamban sehat sebanyak 20 lebih jamban atau water closet (WC) pada 2017 ini.

Program bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan DD anggaran 2017 yang bertujuan untuk penyelenggaraan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) dengan bantuan berupa semen, pasir, pipa, bata, dekker hingga  closet.

Sementara kebutuhan material lain disediakan secara swadaya oleh warga penerima manfaat. Program tersebut diakui Kepala Desa juga sekaligus upaya warganya dalam swasembada WC serta mengikuti program stop buang air besar sembarangan terutama warga yang tinggal di dekat sungai.

Berdasarkan kalkulasi ia menyebut bantuan yang diterima berupa material senilai Rp 600 ribu lebih sementara total keseluruhan pembuatan jamban sehat bisa berkisar Rp1juta sehingga sisanya dikerjakan secara swadaya termasuk biaya tukang bangunan yang bisa diminimalisir dengan sistem gotong royong.

Kiman, warga penerima bantuan mengungkapkan belum adanya fasilitas jamban sehat lebih disebabkan faktor ekonomi dan lingkungan. “Bantuan dari pemerintah membantu sebagai stimulan atau pemancing sehingga semangat gotong royong, mengeluarkan modal membuat jamban akan menggeser pola jamban cemplung sebagai tempat buang air besar,” ungkap Kiman.

Komentar atas Jamban Sehat Datang, Warga Tidak Lagi Cemari Lingkungan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Gedongsari FM

Lokasi Gedongsari

tampilkan dalam peta lebih besar